Friday, July 20, 2007

Fwd: Biaya pendidikan anak sudah ideal?

Tanggal: Tue, 17 Jul 2007 12:11:20 -0700 (PDT)
Dari: Sulaiman <sule8585@yahoo.com>


Pak, saya ingin tanya, sebenarnya berapa besar sih, uang yang
diperlukan untuk pendidikan anak kami kelak?
Saat ini saya mempunyai 2 orang putri yang masih lucu-lucunya.
Yang sulung berusia 3 tahun, yang bungsu hampir 1 tahun, masih 11 bulan.
Untuk pertanyaan yang bapak ajukan sebelumnya, saya adalah ibu rumah
tangga (tidak bekerja), tulang punggung utama ya suami saya. Suami
saya adalah pengusaha garment, menerusin usaha almarhum bapaknya.
Umur saya sekarang jalan 29 tahun, suami sudah 37 tahun.
Simpanan pribadi sendiri, saya belum punya, paling tabungan pribadi
yang selalu diisi ulang sama suami kalau habis he...


Kalau dibandingkan dengan biaya saya kuliah di Bandung dulu, kayaknya
sekarang biaya kuliah sudah naik banyak sekali pak.
Mohon panduannya untuk menghitung kebutuhan biaya pendidikan pada saat
anak kami masuk ke bangku kuliah.

Berapa kira-kira yang harus kami tabung lagi untuk memperingan beban
biaya kuliah nantinya, kan ini belum memperhitungkan biaya
lain-lainnya seperti yang bapak jelaskan melalui email beberapa hari
yang lalu.
Kami punya rencana akan menyekolahkan anak ke Melbourne, Aussie nantinya.

Jocelyn K - Jakarta


Jawab :

Bu Jocelyn, anda sangat bertanggung jawab terhadap pendidikan
anak-anak anda kelak.
Memang sebaiknya merencanakan dana pendidikan anak, makin cepat makin
baik karena beban kita akan berkurang di masa mendatang. Jadi anda
tidak perlu terlalu khawatir.

Berdasarkan data terbaru yang saya peroleh, biaya pendidikan rata-rata
di Australia saat ini adalah AUD$ 34,400,- per tahun. Jika diasumsikan
masa kuliah 4 tahun (lulus), dibutuhkan biaya AUD$ 137,600,-*
Rinciannya adalah :
Biaya kuliah rata-rata per tahun AUD$ 20,000,-
Biaya Hidup rata-rata per tahun AUD$ 14,400,-

Persentas inflasi biaya pendidikan mengalami kenaikan yang lumayan
jika dibandingkan dengan periode tahun 2005/2006
Saat itu tingkat inflasi pendidikan hanya 1.4%, sedangkan saat ini menjadi 3%.
Untuk itulah perlu dilakukan review setiap tahunnya untuk
mengantisipasi perubahan inflasi pendidikan ini.

Kembali ke perhitungan dana pendidikan untuk anak anda, silahkan lihat
tabel yang saya lampirkan (lihat attachment)


Berdasarkan hasil perhitungan yang ada, saya merekomendasikan anda
untuk menabung mulai tahun ini.
Biaya yang perlu disisihkan setiap tahunnya cukup besar, meskipun
masih dapat anda penuhi jika saya melihat kemampuan finansial suami
anda.

Untuk Stacy dibutuhkan biaya AUD$ 214,380.80,- pada saat berusia 18 tahun
Apabila menabung per tahun, anda harus menyisihkan AUD$ 5,134.50,- per tahun

Untuk Ashley dibutuhkan biaya AUD$ 227,452.80,- pada saat berusia 18 tahun
Apabila menabung per tahun, anda harus menyisihkan AUD$ 4,154.39,- per tahun

Apabila anda membutuhkan perhitungan menabung secara bulanan, silahkan
hubungi saya kembali.

Semoga pertanyaan anda terjawab.
Terima kasih.

*Sumber : beberapa konsultan pendidikan di Jakarta, Indonesia


Best Regards,

Sulaiman
Financial Planner
---------------------------------------------------------------------------------------------
Visit : http://rencana-keuangan.blogspot.com/

---------------------------------
Pinpoint customers who are looking for what you sell.

----------------------------------------------------------------
This message was Sent by Takaful Mail System

No comments: